Program Literasi KKN-PPL Bintuni

0 Comments

Program KKN-PPL Bintuni merupakan kegiatan kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua dengan Tangguh LNG Bintuni. Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN-PPL di daerah Teluk Bintuni yang mayoritas peserta didiknya masih kesulitan dalam memperoleh akses pendidikan yang layak.

Sarana prasana yang kurang memadai serta tenaga pendidik yang masih terbatas. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa FKIP Unipa yang mengikuti program ini, yaitu mereka dituntut untuk dapat memberikan inovasi dan pelayanan pendidikan yang baik bagi peserta didik maupun masyarakat di Kawasan Teluk Bintuni.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama pelaksanaan KKN-PPL antara lain Pengajaran di Sekolah, Bimbingan Belajar di Luar Kelas, serta Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal profesi keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun ke dunia kerja sehingga sangat bermanfaat untuk membekali mahasiswa menguasai kompetensi profesional yaitu kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pelayanan pendidikan yang baik bagi peserta didik di Kawasan Teluk Bintuni.

Kegiatan KKN-PPL dilaksanakan selama 4 bulan yaitu mulai bulan Februari dan berakhir pada bulan Mei 2020. Berbagai tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan KKN-PPL kali ini yaitu adanya pandemi Covid-19 di tengah pelaksanaan kegiatan. Hal ini membuat pelaksanaan kegiatan KKN-PPL harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Berbagai program pendidikan yang direncakan sebelumnya seperti program pengajaran di sekolah, Calistung, dan berbagai kegiatan pengabdian lainnya tidak semua dapat dilaksanakan. Selama masa pandemi Covid-19, mahasiswa peserta KKN-PPL di Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Fakfak ikut berpartisipasi dalam menjaga dan mensosialisasikan protokoler kesehatan mengingat di Kabupaten Bintuni merupakan kabupaten terbanyak kasus Covid-19.

Berikut dokumentasi kegiatan setiap kampung:

1. Kampung Otoweri
2. Kampung Onar
3. Kampung Babo
4. Kampung Weriagar
5. Kampung Saengga
6. Kampung Kamundan
7. Kampung Tomu
8. Kampung Taroi
9. Kampung Tofoi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *