Kuliah Dosen Tamu dari Universitas Negeri Yogyakarta

0 Comments

Senin, 7 Oktober 2019 telah dilaksanakan kuliah dosen tamu Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua. Pemateri kuliah dosen tamu yaitu Dr. Edi Istiyono, M.Si dari Universitas Negeri Yogyakarta. Ketua panitia dalam kegiatan ini yaitu irfan Yusuf, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama antara Universitas Papua dengan Universitas Negeri Yogyakarta melalui skema Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT). Kehadiran dosen tamu kali ini membahas tema yaitu Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Analisisnya. Ketua jurusan pendidikan fisika FKIP Unipa Iriwi L.S. Sinon, S.Pd.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada dosen tamu dari UNY, semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan kepada mahasiswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat mengaplikasikan ilmunya terutama jika ada yang tertarik menjadikan sebagai salah satu topik penelitian skripsi. Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP Unipa Dr. Ir. Benidiktus Tanujaya, M.Si., dalam paparannya menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama perlu dibangun sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi baik dalam melakukan penelitian-penelitian kerjasama maupun dalam berbagai kegiatan lainnya.

Dr. Edi Istiyono, M.Si menyampaikan kuliah dosen tamu kepada seluruh mahasiswa jurusan pendidikan fisika FKIP Unipa. Materi yang disampaikan yaitu tentang HOTS. HOTS merupakan kemampuan berpikir yang penting dimiliki oleh peserta didik dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. HOTS pada dasarnya merupakan tingkat berpikir yang paling tinggi dari hierarki kemampuan kognitif. Sebagai calon guru, mahasiswa diharapkan dapat menyusun dan menganalisis instrumen HOTS.

Pelaksanaan kegiatan kuliah dosen ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana teknik dalam mengembangkan soal HOTS dan menganalisisnya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *